02 Maret 2017

Bagaimana Cara Mengembalikan File, Foto dan Data Penting yang Terhapus di Android

Bagaimana Cara Mengembalikan File, Foto dan Data Penting yang Terhapus Di Android—Sekarang ini ponsel pintar android menjadi ponsel yang paling populer. Hal ini disebabkan karena ponsel pintar ini memiliki kemampuan yang lebih canggih daripada ponsel biasa. Salah satu kelebihannya adalah mampu menyimpan berbagai data penting laiknya sebuah PC atau Laptop. Namun terkadang pengguna android sering dengan tidak sengaja menghapus data-data penting tersebut. Sebetulnya data-data penting yang tidak sengaja terhapus tersebut dapat dikembalikan lagi. Akan tetapi tidak semua orang mengetahui caranya. Lantas bagaimana cara mengembalikan file, foto dan data penting yang terhapus di android? Berikut ulasannya.

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengembalikan data-data penting yang telah terhapus di android, diantaranya adalah

1.      Mengembalikan foto menggunakan Photo Recovery


Cara pertama yang dapat anda gunakan untuk mengembalikan foto yang terhapus adalah dengan menggunakan aplikasi photo recovery. Untuk menggunakan aplikasi ini, terlebih dahulu, anda harus mengunduhnya di Play Store. Setelah terinstall, buka aplikasi tersebut kemudian pilih “Start Recovery”. Jika sudah, secara otomatis aplikasi tersebut akan menampilkan kembali foto yang telah terhapus. Selanjutnya anda tinggal memilih foto mana saja yang akan dikembalikan. Setelah itu pilih ‘Recovery”. Jika sudah maka foto yang telah terhapus pun akan dikembalikan lagi.

2.      Mengembalikan data terhapus menggunakan Recuva


Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi Recuva. Aplikasi ini tidak hanya dapat mengembalikan foto yang telah terhapus akan tetapi data-data penting lainnya. Aplikasi Recuva ini merupakan aplikasi untuk PC atau laptop, jadi anda harus menghubungkan ponsel android anda dengan PC atau laptop terlebih dahulu. Langkah-langkah yang dilakukan untuk menggunakan aplikasi ini adalah sebagai berikut.

Langkah 1: Dowload aplikasi Recuva pada PC atau laptop
Langkah 2:  Hubungkan android dengan PC dengan menggunakan kabel USB
Langkah 3: Pastikan memori android anda telah terdeteksi, lalu buka aplikasi Recuva
Langkah 4: Setelah itu, pilih jenis data yang akan dikembalikan. Anda dapat memilih All Files jika ingin mengembalikan semua file yang telah terhapus.
Langkah 5: Selanjutnya pilih di lokasi mana file tersebut akan dikembalikan. Jika ingin memilih lokasi memori anda dapat memilih  “In a spesific location”, tapi apabila anda lupa lokasi file yang akan dikembalikan, anda dapat memilih “I’m not sure”
Langkah 6: Selanjutnya klik centang pada “Enable Deep Scan” jika ingin mencari data secara mendalam.
Langkah 7: Selanjutnya klik “Start” untuk memulai pencarian data yang terhapus.
Langkah 8: Jika data yang terhapus sudah ditemukan oleh Recuva, maka anda tinggal meng-klik data yang akan dikembalikan tersebut.
Langkah 9: Selanjutnya pilih lokasi drive mana anda akan menyimpan data tersebut. Misalnya di folder photo, lalu klik “OK”.
Langkah 10: Jika sudah selesai, anda dapat memindahkan data yang telah dikembalikan dan tersimpan di PC anda ke android. Langkah pengembalian data pun telah selesai.

Sebenarnya ada banyak sekali aplikasi yang berfungsi untuk mengembalikan data yang telah terhapus di android. Akan tetapi ke dua aplikasi yang telah dibahas di atas tadi adalah aplikasi yang sangat mudah digunakan dan juga tidak harus me-root android terlebih dahulu.


Demikianlah ulasan mengenai bagaimana cara mengembalikan file, foto dan data penting yang terhapus di android. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.