30 Maret 2017

3 Kekurangan Android yang Bikin iOS Lebih Unggul

Kekurangan Android – Saat ini kita mengenal smartphone dengan 3 operating system yaitu Android, iOS dan Windows. Kesan yang muncul pada ketiga sistem operasi tersebut yaitu Android lebih mengedepankan kebebasan modifikasi dan pengaturan, iOS terkesan lebih premium, dan Windows yang terkesan “classic” karena termasuk satu ekosistem dengan mayoritas sistem operasi pada komputer.

Baik Andorid, iOS, maupun Windows membawa ciri khas, kekurangan maupun kelebihannya masing-masing. Hanya saja kali ini kita akan membahas kekurangan Android yang membuat sistem operasi lain terutama iOS lebih diunggulkan.

Perbandingan Dimensi layar dan Spesifikasi Hardware



Mungkin sebagin orang lebih suka menggunakan smartphone dengan dimensi layar 4 inci – 4,6 inci dibanding smartphone layar besar yang justru ribet saat digenggam. Namun jika anda penyuka Android sepertinya sulit mendapatkan smartphone Android dengan layar kecil atau standar tapi memiliki spesifikasi hardware yang cukup besar.

Adapun spesifikasi hardware yang dimaksud disini diantaranya Random Access Memory (RAM) maupun Central Processing Unit (CPU) baik jumlah titik inti (clock speed), internal memory, atau jumlah megapixel kamera-nya.

Khusus untuk iPhone dengan iOS-nya, anda pasti sudah tahu spesifikasinya lebih dari cukup untuk penggunaan sehari-hari. Meskipun layarnya kecil iPhone punya kamera paling unggul di kelasnya, juga pilihan memori hingga 64GB atau lebih. Bahkan untuk iPhone SE yang punya dimensi layar 4 inci sudah dibekali dapur pacu milik iPhone 6S.  

Nah, sekarang bandingkan dengan Android. Belum ada vendor yang meluncurkan produk Android 4 inci dengan spesifikasi setara atau lebih tinggi dari iPhone SE. Kecuali smartphone Android Sony Xperia X Compact yang punya layar 4,6 inci, RAM 3 GB, kamera 23 MP dan processor hexa-core 1,4 GHz & 1,8 GHz. Ini adalah smartphone Android terbaik dikelasnya meski harus ditebus harga yang lumayan mahal sekitar Rp 5,7 juta.  

Ukuran Ikon Aplikasi Android Kurang Rapi

Kekurangan android lainnya adalah tampilan ikon aplikasi yang agak berantakan. Dengan kata lain soal tampilan home screen paling rapi sampai sekarang masih dipegang oleh iOS. Sejak produk pertama diluncurkan iOS punya ukuran ikon aplikasi standar, tidak aneh-aneh. Bentuknya tetap saja kotak melengkung, serasi dengan ukuran layar sehingga lebih enak dilihat.

Bandingkan misalnya dengan ukuran ikon aplikasi pada Zenfone 4C. Smartphone Android yang satu ini dibekali ikon aplikasi berbentuk kotak, sedikit melengkung, ada yang bulat, kotak hampir bersudut, bahkan ada yang bentuknya tidak beraturan. Lagi-lagi tampilan konsisten iOS lebih unggul di sektor ini. 

Tampilan Notifikasi Layar Sangat Minim

Pada smartphone Android notification screen sangat miskin fitur. Beberapa notifikasi dari aplikasi chat misalnya Line, WhatsApp, BBM, Instagram hanya tampil beberapa saat saja. Contohnya untuk notifikasi Line hanya ditampilkan chat paling akhir. Bahkan kadang tidak muncul informasi secara detail seperti dari siapa dan berapa jumlah pesan yang masuk.    



Bandingkan dengan iOS, apapun pesan chat yang masuk selalu ditampilkan dengan rapi satu per satu, lebih beraturan dan enak dilihat. Bahkan kita bisa langsung mengintip isi chat tanpa harus membuka chat. Jadi kita sudah tahu isi chat tanpa menimbulkan tanda read.

Begitulah sedikit pengalaman dan pengamatan dari kekurangan Android yang konon membuat smartphone iOS lebih unggul dari segi pemasaran. Namun begitu seseorang yang memilih smartphone Android tentu punya alasan tersendiri, misalnya lebih banyak pilihan aplikasi gratis, beda dengan iOS yang sebagian besar berbayar. Dengan pertimbangan apapun baik Android maupun iOS tetap menjadi sistem operasi paling populer saat ini.