27 Maret 2017

Teknologi Kamera Smartphone Terbaik, Pilih OIS atau EIS?

Kamera Smartphone Terbaik – Penggunaan perangkat smartphone kini semakin universal. Hal ini terjadi karena kualitas beberapa sektor pada smartphone meningkat begitu pesat. Salah satu sektor paling menonjol adalah fitur yang paling digemari yaitu kamera.

Memang benar, sektor kamera menjadi bagian paling penting terutama bagi yang hobi fotografi atau merekam momen khusus dalam format video. Untuk itu beberapa produsen smartphone menyematkan teknologi canggih untuk mendukung kinerja sektor kamera yaitu dengan teknologi OIS dan EIS.

Teknologi Optical Image Stabilization (OIS) dan Electronic Image Stabilization (EIS)

Baik Optical Image Stabilization (OIS) maupun Electronic Image Stabilization (EIS) merupakan teknologi terbaru yang sering disematkan pada ponsel pintar dengan spesifikasi kelas menengah keatas. Nah, apa fungsi dan perbedaan kedua teknologi kamera smartphone terbaik ini? Teknologi mana yang lebih unggul? Mari kita bahas satu persatu.

Pengertian Optical Image Stabilization (OIS)


Pada prinsipnya Optical Image Stabilization atau OIS ini berfungsi dengan memvariasikan jalur optic sensor kamera secara real time. Dengan begitu sangat memungkinkan lensa akan bergerak sejajar melalui bidang gambar sehingga efek blur yang terdapat pada gambar akan berkurang. Nah, dengan sistem kerja ini gambar yang dihasilkan tetap stabil, artinya tidak terjadi degradasi maupun berubahan pada gambar.

Disamping itu teknologi OIS juga menggunakan gyro-censored atau sensor pendeteksi getaran pada smartphone. Sensor ini berfungsi mengirimkan sinyal lalu mengubah susunan lensa dengan mengikuti object gambar. Perlu diketahui, setiap produsen smartphone biasanya menggunakan istilah berbeda untuk teknologi OIS ini. Misalnya HTC menyebutnya dengan Ultrapixel atau Nokia dengan PureView-nya.

Teknologi OIS sendiri hanya bisa dibenamkan pada smartphone dengan spesifikasi kamera cukup tinggi. Jadi wajar jika OIS hanya ditemukan pada smartphone flagship atau menengah ke atas. Beberapa contoh smartphone yang menggunakan kamera teknologi OIS adalah iPhone 7, Lumia 1020 dan Samsung Galaxy S7.

Pengertian Electronic Image Stabilization (EIS)
Prinsip kerja Electronic Image Stabilization (EIS) ini berbeda dengan OIS. Secara garis besar teknologi EIS bukan bagian lensanya yang bekerja tetapi program khusus yang telah ditanamkan. Program ini bekerja memperbaiki sinyal digital yang ditangkap optic kamera.



Sistem kerja EIS menggunakan Charge Coupled Device (CCD) yang terdapat pada kamera untuk memecah gambar menjadi potongan-potongan kecil. Selanjutnya secara otomatis EIS akan mendeteksi adanya gerakan maupun getaran, kemudian diperbaiki oleh sistem. Perubahan atau degradasi gambar sangat mungkin terjadi pada kamera dengan teknologi EIS, kecuali jika kamera smartphone tersebut memiliki resolusi cukup tinggi. Google Pixel dan Asus Zenfone 3 Max adalah dua contoh smartphone yang menggunakan teknologi EIS.

Mana yg lebih unggul? OIS atau EIS?



Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa kamera dengan teknologi OIS memiliki keunggulan tidak adanya perubahan atau degradasi gambar pada foto atau video yang diambil, selain juga lebih unggul dari pengambilan gambar dalam kondisi low light. Hanya saja OIS membutuhkan hardware yang cukup besar sehingga efeknya bisa menambah beban sekaligus menguras daya baterai. 

Sebaliknya EIS hadir dengan beban yang lebih ringan, disamping harga yang lebih murah dibanding OIS. Wajar jika EIS lebih banyak disematkan pada smartphone kelas menengah. Sayangnya EIS menjadi ‘tidak berkutik’ jika disematkan pada smartphone dengan resolusi rendah. Adanya degradasi gambar sangat mungkin terjadi terutama pada kondisi low light atau minim cahaya.

OIS maupun EIS merupakan teknologi kamera smartphone terbaik yang membawa kelebihan dan kelemahan masing-masing. OIS lebih unggul dalam hal kualitas sementara EIS unggul karena bebannya lebih ringan juga biaya yang lebih murah. Mana yang lebih baik tentu menyesuaikan dengan budget dan kebutuhan masing-masing pengguna.

Untuk hasil yang lebih jelas terkait teknologi OIS dan EIS bisa disimak pada video ini.