03 April 2017

3 Cara Buka HP Android Lupa Password Tanpa Factory Reset Dengan Mudah

Cara Buka HP Android Lupa Password – Langkah paling tepat untuk ‘mengamankan’ smartphone agar tidak sembarangan dibuka orang lain adalah dengan cara menguncinya menggunakan password. Biasanya pada perangkat Android password yang digunakan berupa PIN, sensor fingerprint, atau kombinasi beberapa huruf maupun angka.

Sayangnya, karena mungkin terlalu rumit kata sandi yang dibuat, kita lupa dengan password yang kita buat sendiri. Sudah pasti resikonya perangkat smartphone tidak bisa diakses karena dalam kondisi lockscreen. Jika hal ini terjadi pada smartphone kamu sebaiknya tidak perlu buru-buru menggunakan cara factory reset. Ada beberapa cara buka HP android lupa password tanpa harus kembali ke pengaturan pabrik.

Tutorial Cara Membuka HP Android Lupa Sandi Tanpa Factory Reset

Jika smartphone Android kamu terkunci karena lupa kata kunci atau password, kamu  bisa pilih saalah satu solusinya berikut ini.

1.      Gunakan Android Device manager


  1. Cara buka HP Android lupa password yang pertama yaitu dengan menggunakan Android Device Manager. Untuk mengakses layanan ini kamu bisa menggunakan laptop atau HP Android teman kamu. Disini harus dipastikan kamu bisa masuk akun Google yang sama dan smartphone yang terkunci masih terhubung dengan internet.
  2. Buka link Android Device Manager pastikan disana terdapat 3 opsi yaitu “Deringkan”, “Kunci”, dan “Hapus”. Pilih “Kunci” atau “Lock”. Kamu bisa klik tombol refresh beberapa kali jika mengalami kesulitan menemukan perangkat kamu.
  3. Setelah klik “Kunci” atau “Lock” kamu harus memasukkan sandi baru sebagai pengganti password, PIN, atau pola yang lupa. Masukkan password dua kali untuk konfirmasi kemudian klik tombol “Lock”. Tunggu sekitar 5 menit. Dengan langkah ini semestinya smartphone kamu yang terkunci sudah bisa dibuka menggunakan password baru.

2.      Gunakan ADB untuk Hapus Password


  1. Solusi yang kedua ini hanya bisa digunakan jika sebelumnya kamu sudah mengaktifkan USB Debugging serta memiliki laptop atau komputer yang pernah terhubung dengan smartphone kamu yang lupa password melalui ADB. Apabila kamu sudah pernah root atau install custom ROM kamu tidak akan mengalami kesulitan dalam proses ini.
  2. Langkah pertama, gunakan kabel data untuk menghubungkan samrtphone yang lupa password dengan komputer. Berikutnya buka jendela “command prompt” yang ada di directory instalasi ADB. Masukkan kode adb shell rm /data/system/gesture.key lalu tekan Enter.
  3. Yang terakhir, reboot smartphone kamu. Sampai disini seharusnya HP kamu sudah tidak dalam kondisi lockscreen. Tapi ingat, ini sifatnya hanya sementara jadi kamu harus membuat kata sandi baru sebelum proses reboot selanjutnya.

3.      Gunakan Samsung Find My Mobile



  1. Cara buka HP Android lupa password yang ketiga ini tentu saja hanya bisa digunakan untuk perangkat Android merk Samsung. Disini kamu bisa menggunakan layanan “Find My Mobile” yang cara kerjanya mirip dengan Android Device Manager (cara no. 1).
  2. Untuk menggunakan cara ini kamu harus buka link Find My Mobile dari browser komputer atau smartphone teman kamu. Selanjutnya kamu harus login ke akun Samsung. Harus diingat, cara ini tidak bisa bekerja jika sebelumnya kamu belum pernah menngatur akun Samsung.
  3. Setelah kamu berhasil login ke akun Samsung selanjutnya klik “Lock my screen” yang bisa mau lihat di panel sebelah kiri. Di bagian ini masukkan PIN atau kata sandi baru kemudian klik “Lock”. Hanya sekitar dua menit seharusnya sandi lockscreen di smartphone kamu sudah diubah ke PIN terbaru yang tadi kamu gunakan untuk membuka kunci perangkat.  

Demikan cara buka HP Android lupa password yang bisa kamu pilih. Jika dari 3 cara di atas belum juga berhasil maka jalan satu-satunua kamu harus lakukan factory reset dengan resiko semua data, kontak, file dokumen di memori perangkat akan hilang, kecuali sudah kamu backup sebelumnya.