15 April 2017

3 Penyebab Komputer Game Rusak, Nge-Lag atau Lemot

Penyebab Komputer Game Rusak – Game favorit kadang membuat orang lupa diri bahkan betah seharian duduk menatap layar monitor. Masuk akal jika para gamer kebanyakan mempunyai kantung mata yang cukup lebar karena kurang tidur gara-gara game. Intinya banyak yang kehilangan fokus gara-gara game termasuk beberapa hal terabaikan, seperti performa komputer game yang tidak stabil.
Jika kamu gamers sejati ada beberapa hal yang wajib kamu tahu terkait semua hal tentang komputer, termasuk penyebab komputer game rusak karena diforsir terus-menerus. Tentunya setelah kamu sudah tahu penyebabnya, kamu harus siap dengan langkah antisipasinya.

Penyebab Utama Laptop atau Komputer Game Rusak

Saking asiknya bermain game ada banyak hal penting yang kamu abaikan padahal itu berkaitan dengan performa komputer kamu. Mungkin beberapa hal berikut ini pernah kamu alami.

Install Aplikasi Tanpa Optimasi



Pada perangkat komputer game, baik Nvidia atau AMD biasanya dibekali software suite, misalnya Nvidia Experience ataupun AMD Gaming Evolved. Keduanya diguanakn untuk mengatur supaya optimasi permainan bekerja dengan baik. Adapun Nvidia maupun AMD telah mengumpulkan semua informasi terkait hardware, menambah data frame rate, pengaturan game dimana semuanya sangat menentukan scalable preset pada games yang kamu mainkan.

Kebiasaan buruk yang sering kamu lakukan biasanya hanya menginstal aplikasi tanpa mengoptimasinya kembali. Hal ini umumnya sering dilakukan oleh gamers yang baru pertama memiliki komputer gaming. Efeknya, tentu saja komputer menjadi lemot. Oleh karena itu jika kamu baru memiliki komputer game tidak perlu buru-buru mengoperasikannya. Pelajari semua informasi didalamnya

Driver Kartu VGA Tidak di Update



Ketika bermain game sudah pasti kamu tidak ingin performa komputer kamu lemot atau bahkan nge-lag terus-menerus. Alasan ini yang membuat kamu membeli PC gaming dengan spesifikasi kelas wahid. Nah, bicara tentang performa tentu ini sangat erat kaitannya dengan kartu grafis. Intinya terkait performa komputer game, tergantung dari kartu grafis yang kamu gunakan.

Sebenarnya performa komputer gaming tidak 100 persen tergantung dari kartu grafis yang digunakan. Namun lebih ke soal update driver GPU. Pesohor kartu grafis macam Nvidia atau AMD secara berkala melakukan pembaruan driver pada setiap GPU. Tujuannya untuk meningkatkan performa sekaligus memastikan apapun permainan baru dapat dimainkan dengan baik. Nah masalah update driver ini mungkin sering kamu abaikan sehingga komputer game lemot sebelum akhirnya rusak. 

Banyak Aplikasi Berjalan di Background


Harus kamu ketahui, komputer gaming mampu memberikan semua sumber daya yang dimilikinya untuk semua game yang kamu mainkan. Sayangnya aplikasi pihak ketiga, sistem operasi dan semua layanan terkait yang berada di background tetap mengambil daya dari CPU, RAM, ataupun hard-drive pda komputer gaming kamu. Meskipun kecil namun semakin lama tentu semakin mengganggu.
Dalam hal ini memang kamu tidak bisa menonaktifkan Windows tapi minimal kamu bisa menyingkirkan aplikasi-aplikasi yang masih berjalan di latar belakang menggunakan aplikasi Game Booster besutan Razer. Dengan aplikasi keren ini kamu bisa lebih tuntas mengeliminasi apapun proses di background yang tidak kamu butuhkan waktu bermain games. Jika satu penyebab komputer game rusak ini sudah kamu antisipasi tentu kamu lebih nyaman memainkan game favoritmu tanpa ada yang namanya lemot atau lag.

Nah, daripada penyebab komputer game rusak seperti yang di ulas diatas benar-benar terjadi pada PC gaming kamu, sebaiknya kamu cepat ambil langkah antisipasi. Tentunya dengan memperlakukan prosesor, power supply, RAM, harddisk dan lainnya dengan benar sehingga tidak akan terjadi bad sector yang berpotensi merusak komputer game kamu.