12 April 2017

Cara Buka Situs Yang Diblokir dengan Langkah Sederhana

Cara Buka Situs Yang Diblokir – Beberapa tahun terakhir banyak sekali situs-situs diinternet yang diblokir dengan berbagai alasan. Hal ini menimbulkan dampak yang berbeda baik yang positif maupun negatif. Bagi yang berkepentingan dengan salah satu situs yang diblokir, misalnya terkait dengan pekerjaan tentu saja ini menjadi sebuah kerugian.

Sebenarnya ada banyak yang bisa kita gunakan untuk membuka berbagai situs yang diblokir. Namun untuk cara yang paling efektif bisa dipilih diantaranya berikut ini.

Membuka Situs Yang Diblokir dengan Mengganti DNS


Cara buka situs yang diblokir dengan mengganti DNS menjadi public DNS bisa dengan langkah-langkah berikut ini:

1.      Buka Control Panel
2.      Klik Network and Internet >> Network and Sharing Center
3.      Klik Local Area Connection >> Properties >> Internet Protocol Version 4 >> Properties
4.      Masukkan detail DNS Google  pada setting DNS: 8.8.8.8 alternate DNS Server 8.8.4.4

Membuka Situs yang Diblokir dengan Fitur Turbo di Browser Opera


Cara yang kedua ini tentu saja hanya bekerja di browser opera. Kamu tentu sudah tahu saat ini Browser Opera dilengkapi fitur Opera Turbo. Fitur ini sebenarnya berfungsi untuk mempercepat browsing dengan meng-compress file melalui server opera. Namun ternyata fitur ini juga bisa kamu manfaatkan untuk masuk ke situs-situs yang telah diblokir. Caranya seperti berikut ini:

1.      Buka Browser Opera
2.      Klik ikon speedometer (kiri bawah)
3.      Pilih Enable Opera Turbo

Membuka Situs yang Diblokir Menggunakan ALamat IP Situs

Perlu kamu tahu,  sebuah situs yang telah diblokir nama domainnya ternyata masih bisa dibuka dengan menggunakan alamat IP situs tersebut. Satu contoh www.situsdiblokir.net yang diblokir domainnya maka kamu masih bisa mengaksesnya dengan cara dibawah ini:



1.      Lihat alamat IP www.situsdiblokir.net
Caranya: buka Start >> Run >> ketik CMD >> klik Enter >> ketik ping www.situsdiblokir.net >> klik Enter
2.      Masukkan alamat IP di browser kemudian klik Enter untuk masuk

Membuka Situs yang Diblokir dengan Proxy

Cara buka situs yang diblokir berikutnya kamu bisa gunakan proxy. Untuk mencoba trik ini sebaiknya kamu gunakan browser Mozilla Firefox. Kamu bisa mencari daftar proxy gratis di Mozilla Firefox dengan langkah-langkah berikut:



1.      Pilih Tools >> Options >> Advanced >> Network
2.      Di bagian Connection klik Settings
3.      Masukkan detail proxy
4.      Klik OK

Membuka Situs yang Diblokir dengan Translate Online

Sejauh ini cara membuka situs yang diblokir dengan memanfaatkan translate online terbilang cukup ampuh. Disini kamu bisa coba menggunakan Google Translate. Kamu cukup masukkan URL situs yang diblokir di form translate, selanjutnya translate tanpa harus merubah bahasanya. Berikut ini langkah-langkahnya:


1.      Kunjungi halaman http://www.translate.google.com/
2.      Atur bahasa yang ingin kamu terjemahkan
3.      Klik link yang muncul
4.      Dari sini seharusnya kamu sudah bisa masuk ke situs yang diblokir via Google translate
Sejatinya masih banyak sekali cara masuk situs yang diblokir, misalnya dengan Web Proxy atau yang lainnya. Hanya saja cara tersebut tidak direkomendasikan karena browsing dengan Web Proxy cukup ribet dan butuh kesabaran ekstra. Kendala yang muncul biasanya loading sangat lambat bahkan alamat yang dimuat tidak bisa tampil sempurna.
Menggunakan cara buka situs yang diblokir dengan mengganti DNS kamu ke public DNS memang cara paling praktis untuk masuk ke situs-situs yang sudah diblokir pihak yang berwenang. Namun sepertinya cara masuk menggunakan Google translate sejauh ini lebih efektif.