18 April 2017

Hard Disk Eksternal Terbaik untuk Media Penyimpanan Cadangan dan Back-Up Data

Hard Disk Eksternal Terbaik – Tersedianya hard disk pada perangkat komputer menjadi satu hal yang wajib bagi pecinta teknologi. Dalam hal ini hard disk mampu menyimpan beragam informasi penting, entah yang sifatnya privasi maupun yag berhubungan dengan pekerjaan.
Semakin banyak data yang tersimpan pada komputer secara perlahan pasti menghabiskan kapasitas hard disk. Bagi yang membutuhkan ruang penyimpanan lebih besar biasanya memilih perangkat tambahan yaitu hard disk ekternal. Fungsinya kurang lebih sebagai media penyimpanan cadangan atapun untuk mem-back-up data. 

4 Hard Disk Eksternal Terbaik

Saat ini cukup banyak merk maupun tipe hard disk yang mudah kita dapatkan. Tentu harganya juga bervariasi. Namun disini merk, tipe maupun harga tidak terlalu penting. Yang paling penting bagaimana hard disk eksternal tersebut mampu mengakomodir semua kebutuhan, termasuk sebagai media penyimpanan cadangan atau back-up data.
Untuk hard disk eksternal terbaik, berikut beberapa merk yang direkomendasikan buat kamu.

Western Digital My Passport Ultra


Brand WD atau Western Digital sudah cukup terkenal di dunia komputer mengingat banyaknya vendor PC maupun laptop yang menggunakan brand ini. Untuk hard disk eksternal Western Digital My Passport Ultra sendiri menawarkan kapasitas mencapai 4 TB.
Salah satu fitur istimewa yag ditawarkan adalah penyimpanan di cloud via Dropbox dan fitur NFC. Meskipun hard disk eksternal ini cukup rringan namun untuk kecepatan transfer data terbilang biasa-biasa saja yaitu sekitar 118MBps.

Buffalo Ministation Extreme NFC


Mungkin sebagian orang belum familiar dengan brand ini. Namun begitu hard disk eksternal yang satu ini bisa dikatakan sangat canggih. Harganya juga lebih terjangkau.  Adapun kapasitas yag ditawarkan Buffalo Ministation Extreme NFC ini mencapai 2 TB, lengkap dengan slot USB 3.0 untuk transfer data lebih cepat. Bagian casing-nya didesain mewah yang tahan air dan debu. Perangkat ini juga cukup tangguh jika jatuh atau mengalami benturan.

Fitur lain yang tak kalah keren yaitu disematkannya fitur Near Field Communication (NFC). Dengan fitur ini tentu kita lebih mudah mengambil file hanya dengan menyentuh kartu NFC yang bergambar icon gembok dibagian bodi. Meski hanya memiliki kecepatan transfer data 110 MBps namun kecepatan rotasinya yang mencapai 7.200 rpm tentu menjadi pertimbangan tersendiri.

WD My Book Duo


Hard disk eksternal terbaik WD My Book Duo menawarkan kapasitas hingga 16 TB dengan dukungan fitur RAID. Fitur ini sangat memungkinkan untuk memilih fitur khusus yang terdapat pada perangkat untuk mengoptimalkan kecepatan transfer data (RAID 0) maupun keamanan data (RAID 1).

Uniknya, kita bisa mengoperasikan WD My Book Duo menjadi dua hard disk eksternal yang berbeda dengan masing-masing berkapasitas 8 TB. Perangkat ini juga menyediakan fitur back-up data ke Dropbox juga dua buah slot USB 3.0. Hard disk eksternal satu ini mampu melakukan transfer data dengan kecepatan hingga 290 MBps. Satu yang menjadi kekurangan WD My Book Duo yaitu harganya sangat mahal. 

Seagate Back-Up Plus Portable


Sedikit di bawah WD My Book Duo, hard disk eksternal Seagate Back-up Plus Portable hanya menawarkan kapasitas 5 TB. Seperti namanya, perangkat ini menawarkan fitur back-up Seagate Dashboard dimana kita bisa melakukan back-up data bahkan untuk data-data yang sempat kita share di medsos seperti Youtube, Flickr atau Facebook.

Seagate Back-up Plus Portable memiliki kecepatan transfer data hingga 120 MBps dengan kecepatan rotasi 7.200 rpm. Satu-satunya kekurangan hard disk eksternal yang satu ini adalah bobotnya yang mencapai 2 kg sehingga kurang praktis jika harus dibawa kemana-mana.
Nah, itulah 4 hard disk eksternal terbaik yang bisa kamu pilih sebagai perangkat penyimpanan cadangan. Tentukan mana pilihanmu sesuai kebutuhanmu