06 April 2017

Cara Melindungi HP dari Hacker Paling Ampuh

Cara Melindungi HP dari Hacker – Ancaman hacker semakin hari semakin mengerikan. Satu contoh, belum lama ini dokumen rahasia milik badan intelijen terbesar dunia CIA bocor oleh Wikileaks. Menurut dokumen rahasia yang telah dibocorkan tersebut, badan intelijen milik Amerika Serikat ini  dituding melakukan aksi mata-mata dengan memanfaatkan celah keamanan pada beberapa sistem operasi.

Fakta diatas membuktikan bahwa di dunia tidak ada satupun yang bisa kebal dari serangan hacker. Nah, dilihat dari kondisi tersebut bukan tidak mungkin kita yang akrab dengan sistem operasi Android, iOS, atau Windows tak luput dari serangan hacker. Bagaimana cara mengantisipasinya?

Cara Melindungi HP dari Serangan Hacker

Jika ingin perangkat smartphone kamu aman dari serangan hacker, sebaiknya lakukan hal-hal berikut ini.

Selalu Up-to date, Jangan Biarkan Ada Celah

Jika ingin aman dari serangan hacker pastikan firmware ponsel maupun aplikasi didalamnya telah di update ke versi paling baru. Pembaharuan memang kadang butuh waktu cukup lama dan menguras kuota internet. Tapi update adalah langkah sangat penting sekaligus untuk menutup celah keamanan perangkat yang sangat mungkin dieksploitasi. Hindari root pada OS Android atau jailbreak pda iOS, kecuali kamu sudah mahir dalam proses terebut.

Selektif dan Hati-hati Menginstal Aplikasi


Bagi pengguna smartphone bermunculannya berbagai game dan aplikasi terbaru adalah kabar paling ditunggu. Namun harus diketahui, tidak ada jaminan kualitas aplikasi di Android. Bahkan aplikasi-aplikasi yang ada di Google Play Store sekalipun banyak yang tidak aman dan disisipi malware.
Disini kamu wajib tahu cara aman download aplikasi terbaru dari Google Play Store termasuk mengetahui ciri-ciri aplikasi yang berkualitas. Sebelum proses instalasi sebaiknya teliti apa saja perizinan yang diminta.

Perhatikan Ulasan Aplikasi Terus Menerus
Selalu melihat dan memperhatikan ulasan aplikasi termasuk cara melindungi HP dari hacker yang cukup penting. Hal ini karena pihak developer kadang mengubah kebijakan pada produknya tanpa pemberitahuan.



Satu contoh aplikasi Evernote. Aplikasi pencatat digital terbaik ini mengubah kebijakan privasinya pada Januari 2017 lalu. Dengan alasan untuk meningkatkan mutu layanan, mereka meminta izin mengakses dan membaca catatan semua penggunanya. Banyak pengguna yang keberatan dengan kebijakan privasi baru ini karena merasa privasi mereka terganggu.

Selalu Aktifkan Kunci Layar dan Kunci Aplikasi
 Bagi kamu mungkin privasi adalah segalanya. Untuk itu pastikan selalu mengunci layar dengan password (bukan PIN). Sebaiknya juga menghindari penggunakan smart lock. Harus diingat, sistem pengamanan smartphone dengan pemindai sidik jari atau pemindai wajah sebenarnya tidak sempurna. Bagi seorang hacker profesional sangat mudah menyalin sidik jari dari benda-benda yang kamu pegang bahkan menipu kamera dengan foto kamu.



Selain kunci layar kamu juga butuh mengunci aplikasi smartphone dengan aplikasi. Meskipun efeknya smartphone tidak praktis lagi, minimal HP kamu sudah terproteksi jika hacker berhasil membuka kunci layar. 

Atur ADM dan iCloud
Sangat penting bagi pengguna Android mengatur ADM atau Android Device Manager. ADM sendiri adalah perangkat lunak besutan Google yang memungkinkan bagi pengguna untuk melacak smartphone Android, hapus data jarak jauh, memproteksi smartphone ketika di factory reset paksa hingga mengunci smartphone jarak jauh agar tidak disalahgunakan phak lain.

Untuk iCloud fungsinya sama namun fitur ini hanya untuk perangkat dengan sistem operasi iOS. Pastikan kedua fitur tersebut sudah diatur supaya smartphone kamu tetap aman meskipun sudah berpindah tangan.

Demikian tadi pembahasan tentang cara melindungi HP dari hacker. Ada beberapa cara lagi untuk memproteksi HP dari serangan hacker seperti mengganti password secara rutin, mengaktifkan verifikasi dua langkah dan lain-lain yang akan kita bahas pada artikel berikutnya.