09 April 2017

Cara Melindungi HP dari Hacker Bagian 2

Cara Melindungi HP dari Hacker – Seperti yang kita tahu perangkat smartphone memiliki celah atau kelemahan yang dapat diekslpoitasi oleh para hacker untuk mencuri data-data didalamnya. Ini tak hanya berlaku pada smartphone dengan sistem operasi Android tapi juga pada iOS maupun Windows. Bahkan melalui celah operating system tersebut, badan intelijen negara sekelas CIA juga pernah kecolongan karena ulah hacker.
Di kesempatan yang lalu kita sudah membahas mengenai beberapa cara melindungi HP dari hacker. Diantaranya adalah dengan update firmware, lockscreen, mengatur ADM dan iCloud, serta tidak sembarangan install aplikasi. Selain dengan cara yang disebutkan tadi, masih ada beberapa cara memproteksi smartphone kita dari serangan hacker. Berikut ini 4 cara yang harus kita ketahui.

Melindungi HP dari Hacker dengan 4 cara Mudah

Hacker mempunyai banyak cara untuk membobol sistem keamanan perangkat smartphone dengan memanfaatkan bug atau kelemahan yang ada pada operating system. untuk mengantisipasinya perhatikan cara-cara berikut ini.

Jangan Biasakan Pakai Fitur “Remember Password”


Cara melindungi ponsel dari hacker yang pertama yaitu dengan tidak menggunakan fitur “remember password” (auto-login). Kelihatannya fitur ini memang sangat nyaman dan praktis sebab kamu tidak perlu memasukkan username maupun password ketika ingin masuk layanan online tertentu.
Hanya saja sebaiknya hindari kebiasaan menggunakan fitur tersebut sebab berpotensi membuka celah keamanan pada perangkat yang kamu gunakan sehingga memungkinkan hilangnya data-data yang tersimpan didalamnya. Bahkan untuk perangkat smartphone maupun PC milik kamu sendiri sekalipun. 

Ganti Password Secara Berkala
Disadari atau tidak, kecanggihan era digital memungkinkan miliaran perangkat saling terhubung satu dengan yang lainnya. Tentu saja ancaman keamanan dari semua bentuk informasi menjadi tantangan buat kita. Bagi para pelaku online, password selalu menjadi andalan dan merupakan salah satu bagian terpenting untuk semua aktivitas online. Untuk itu demi keamanan sangat penting untuk mengganti password secara rutin. Kamu juga wajib tahu cara membuat password yang kuat, rumit, tapi mudah diingat.

Cobalah Aktifkan Verifikasi Dua Langkah


Berbagai bentuk penipuan maupun ancaman keamanan di internet dari waktu ke waktu semakin meningkat. Supaya tidak turut menjadi korban tentu kamu harus paham bahwa sangat penting menggunakan password unik untuk memproteksi berapapun akun online kamu. Bisa jadi kamu juga sudah menggunakan password manager, misalnya LastPass atau 1 Pasword untuk membuat password yang rumit.

Oleh sebab itu akan lebih baik lagi jika kamu menggunakan 1 langkah lagi untuk melindungi diri kamu sendiri yaitu dengan mengaktifkan verifikasi 2 langkah. Cara ini disebut juga dengan otentikasi dua faktor. Verifikasi 2 langkah atau otentikasi dua faktor ini perlu melibatkan nomor telepon kamu yang masih aktif.

Disini selain kamu membutuhkan password, setiap kali masuk kamu juga butuh kode layanan yang dikirimkan lewat pesan ke nomor yang sudah kamu daftarkan. Kesimpulannya, meski email, username maupun password kamu telah diketahui pihak lain, mereka tetap tidak bisa masuk tanpa kode yang dikirim ke nomor di ponsel kamu.

Hindari Menggunakan Wi-Fi di Tempat Umum


Untuk cara melindungi HP dari hacker yang terakhir adalah dengan menghindari menggunakan fasilitas Wi-Fi umum. Hal ini karena peretas dengan mudah mencuri data pribadi sementara kamu tidak tahu besarnya dampak kerugian sampai hal itu kamu alami sendiri. Jika kamu terpaksa menggunakan fasilitas Wi-Fi umum pastikan kamu mengggunakannya secara bijak.

Cara melindungi HP dari hacker seperti yang diulas diatas memang cukup merepotkan. Namun demi keamanan akun, data-data, dan semua yang terkait dengan smartphone kamu sepertinya cara-cara seperti tersebut diatas harus kamu lakukan.  Semoga bermanfaat.